Kamis, 02 Mei 2013

Manfaat Biji Kecipir untuk Kesehatan Ibu Hamil

Manfaat Biji Kecipir untuk Kesehatan Ibu Hamil



Gambar Manfaat Biji Kecipir untuk Kesehatan Ibu Hamil
Kecipir adalah salah satu tanaman pangan yang multi khasiat, karena seluruh bagian tanaman ini seperti Daun, polong muda, bunga, umbi, dan bijinya yang sudah tua bisa dijadikan bahan makanan yang lezat dan banyak mengandung zat gizi. Beberapa olahan dari Tanaman ini juga dapat dimanfaatkan untuk melangsingkan tubuh, meningkatkan gairah seksual dan Kesehatan Ibu Hamil.
Kandungan Gizi Biji Kecipir
Biji kecipir tua banyak mengandung asam amino dan protein. Bahkan Kandungan asam amino pada biji kecipir lebih banyak apabila dibanding dengan biji kedelai. Anda tentu tahu bahwa Asam amino bermanfaat untuk pertumbuhan sel tubuh.

Biji kecipir juga banyak mengandung fosfor, magnesium, kalsium, dan zat besi. Zat besi berfungsi untuk pembentukan hemoglobin darah. Sehingga Ibu hamil dan menyusui, disarankan mengkonsumsi biji kecipir, untuk mencegah kelelahan akibat anemia karena kekurangan zat besi.
Manfaat Biji Kecipir yang beragam juga disebabkan karena juda mengandung tokoferol, yang lebih tinggi dibanding kedelai. Tokoferol berfungsi untuk melindungi vitamin A dari oksidasi, pemanfaatkan vitamin A, meningkatkan daya serap vitamin A, dan membantu penyimpanan vitamin A dalam tubuh.

Masyarakat Arab, Pakistan, dan Cina, biasa menggunakan biji kecipir sebagai salah satu ramuan obat-obatan herbal yang mereka buat. Biji kecipir digunakan untuk pelangsing tubuh, kesehatan kulit, dan meningkatkan gairah seksual secara alami dan tradisional.
Pengolahan Biji Kecipir
Pengolahan Biji kecipir dapat direbus, atau digoreng sebagai Cemilan Sehat, diolah menjadi minyak, tepung, pencampur susu, kopi, teh, kecap, tahu dan tempe. Biji kecipir memiliki sifat-sifat mirip dengan biji kedelai, sehingga teknologi dan metode pengolahan kedelai juga dapat diterapkan pada biji kecipir. Bahkan ditempat saya tinggal, Biji kecipir diolah menjadi bubuk mirip kopi, untuk dibuat minuman yang Rasanya lebih nikmat dari kopi. Bedanya adalah apabila kopi mempunyai banyak efek negatif, namun minuman biji kecipir kami mempunyai khasiat yang sangat baik untuk tubuh.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar