Kamis, 02 Mei 2013

Fungsi Nutrisi untuk Ibu Hamil dan Janin

Berbagai Fungsi Nutrisi untuk Ibu Hamil dan Janin



Gambar Nutrisi untuk Ibu Hamil dan Janin
Kehamilan bagi ibu, merupakan saat yang istimewa, dan sangat pantas apabila memerlukan perhatian yang lebih, terutama masalah Nutrisi yang harus dikonsumsi oleh calon Ibu. Nutrisi ini tidak hanya berguna dan dibutuhkan oleh Ibu Hamil, namun juga untuk Janin. Beberapa Nutrisi untuk Ibu Hamil diantaranya adalah; kalsium, folat (vitamin B9), piridoksin (vitamin B6), sianokobalamin (vitamin B12), zat besi, dan vitamin D. Sedangkan Nutrisi untuk Janin di dalam kandungan diantaranya gangliosida (GA), DHA, folat, FE, EFA, zat besi dan kolin.
Fungsi Folat (Vitamin B9)
Bagi ibu, folat berfungsi untuk mengurangi risiko anemia megaloblastik dan menurunkan kadar homosistein dalam darah sehingga mengurangi resiko gejala Eklamsia dan preeklamsia. Kedua gejala tersebut merupakan tiga besar penyebab tingginya angka kematian ibu melahirkan.
Sedangkan untuk Janin, folat berfungsi sebagai awal pembentukan tabung otak dan sum-sum tulang belakang. zat Folat (Vitamin B9) juga berfungsi untuk mengurangi neural tube deffects (cacat lahir pada otak dan tulang belakang), bibir sumbing, sindrom down, dan kecacatan lahir yang lain pada bayi.
Fungsi Kalsium dan Zat Besi
Kalsium merupakan salah satu Nutrisi untuk Ibu Hamil yang harus dipenuhi, karena diperlukan untuk pembentukan tulang dan gigi bayi. Sedangkan konsumsi zat besi yang cukup pada ibu hamil, akan mengurangi risiko terjadinya anemia. Kebutuhan zat besi ini akan meningkat selama kehamilan terutama di semester ke-3. Hal ini dikarenakan ekspansi jaringan ibu dan pembentukan darah merah, dan untuk memenuhi kebutuhan zat besi pada janin.
Kebutuhan Vitamin B6, D, dan B12
Vitamin B6 pada wanita hamil berfungsi untuk mengurangi rasa mual di saat kehamilan. Dan Vitamin D akan membantu penyerapan kalsium dan meningkatkan kepadatan tulang ibu. Sedangkan Vitamin B12 berfungisi untuk meningkatkan perkembangan otak, syaraf janin dan mengurangi Risiko anemia megaloblastik pada ibu hamil.
Fungsi Nutrisi untuk Janin
Janin dalam kandungan memerlukan Omega 3 dan DHA dalam jumlah cukup untuk pembentukan sistem saraf pusat. Sedangkan Gangliosida berperan untuk membetuk struktur otak, migrasi sel-sel otak, pembentukan sinapsis, dan myelinisasi. Nutrisi untuk Ibu Hamil seperti Gangliosida dan Kolin juga berpengaruh terhadap fungsi otak, terutama fungsi belajar dan mengingat pada anak.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar