Kamis, 02 Mei 2013

Kebaikan Rahim anda Perlu Apa itu Uterine Fibroid

Untuk Kebaikan Rahim anda Perlu Apa itu Uterine Fibroid


Uterine Fibroid dan Bahayanya
Uterine Fibroid adalah massa jaringan otot solid dan kolagen, dan elastin atau protein matriks ektraselular yang seharusnya tidak terdapat di uterus. Fibroid atau uterine fibroid adalah tumor jinak yang tumbuh di dalam rahim, yang terbentuk dari sel-sel yang membentuk otot dinding rahim dan biasanya terjadi pada wanita dengan usia diatas 30 tahun. Secara medis gejala ini juga dikenal sebagai leiomyoma atau myoma uterus.
Fibroid bukan sesuatu yang dapat mengancam jiwa, meningkatkan risiko kanker dan tidak mempengaruhi kesuburan. Namun tumor ini dapat menyebabkan masalah kesehatan lai, seperti; menekan saluran tuba sehingga mempengaruhi implantasi telur yang dibuahi, serta dapat juga menekan usus dan kandung kemih.
Jenis Fibroid Uterin
Fibroid uterin sendiri dibagi menjadi 3 jenis yaitu; intra mural fibroids (merupakan tumor yang tumbuh pada dan dalam dinding uterus), subserosal fibroids  (tumbuh di bagian luar dinding uterine), dan submucosal fibroid merupakan Fibroid uterin yang tumbuh di dalam uterus atau Rahim.
Fobroid pada wanita ini biasanya berukuran sebesar biji kacang polong, namun ada juga yang membesar hingga seukuran bola. Sampai saat ini Belum diketahui secara pati apa penyebabnya. Gejala ini akan cepat membesar ketika tingkat kadar estrogen tinggi. Terutama saat wanita sedang hamil atau menggunakan pil kontrasepsi. Fibroid ini bisa menutupi jalan lahir sehingga proses persalinan harus melalui operasi Caesar.
Gejala Fibroid Uterin
Gejala dari jenis tumor ini adalah sakit punggung, nyeri panggul, sembelit, serta perasaan penuh dan terasa berat dalam perut. Dan sebagian besar perempuan tidak menyadari, bahwa Fibroid Uterin sudah bersarang di tubuhnya.
Fibroid juga mempunyai gejala-gejala lain seperti;
  • Rasa tertekan dan kesakitan di daerah pinggul
  • Bermasalah dengan buang air besar
  • Sering merasa kencing. Hal ini dikarenakan adanya tekanan ke kantung kemih dan saluran kencing.
  • rasa sakit ketika berhubungan badan

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar